Rabu, 05 Desember 2012

Tips ujian



wah gak terasa udah ujan aja. wah pasti gugup donk. nah disini ada tips-tips menghadapi ujian. jangan takut sama ujian karena ujian itu sama dengan ibadah. ujian itu mengukur kemampuan kita belajar selama satu semester, apakah selama satu semester itu kita memang menyerap ilmu yang udah dikasih bapak ibu guru kita. nah, semoga kita bisa deh menjawab soal-soal dalam ujian, amin.

Tips-tips ujian :

*Berniat : "jika ada niat pasti ada jalan" jadi kita harus sungguh-sungguh berniat untuk belajar agar mampu lulus ujian, kita harus menguatkan niat kita agar gak tergoda dengan hal-hal yang membuat kita malas belajar.
niatnya : "sengaja aku menuntut ilmu dan termasuk mengikuti ujian karena allah ta'ala" semoga allah mendengar ya..

*berjihad dan berhijrah : berjihad adalah berjuang, nah kalo tadi kita udah berniat sekarang kita berjuang untuk terus belajar belajar dan belajar ya. Nah, kalo hijrah itukan artinya pindah tempat maksudnya adalah sikap kita yang pindah dari sifat malas ke sifat yang rajin agar kita bisa sukses.

*Berdoa (berdzikir) : maksudnya disini saat kita mau ujian atau saat pembagian soal itu kan kita pasti gugup, apalagi kalo soal udah di tangan, nah sebelum membuka soal baiknya terlebih dulu membaca basmalah, karena dzikir itu membuat hati kita lebih tenang. lalu kita membaca doa "allahumma zidni ilman nafia warzukni fahma waaudzubika min ilmi la yanfanguna" artinya : ya allah tambahi aku dan karuniakan kepadaku ilmu yang bermanfaat. dan karuniakan kepada aku kepahaman dari ilmu yang bermanfaat tersebut dan aku berlindung kepada engkau dari ilmu-ilmu yang tidak bermanfaat.

*Bertawakal : Nah, tadi kita udah niat, kita udah berusaha, kita juga udah berdoa maka yang terakhir kita harus tawakal kepada allah, atau menyerahkan segala usaha yang kita lakukan tadi dan semoga usaha-usaha yang kita lakukan tadi tidak sia-sia dan kita mendapatkan nilai yang maksimal.

*Bersabar : maksudnya disini kita sabar dalam menunggu hasil ujian kita, atau bersabar jika nilai yang kita inginkan belum maksimal, berarti kita harus berusaha dengan lebih giat lagi.

nah itu tips-tips ujian semoga bermanfaat ya :D 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar